Minggu, September 08, 2019

TUGAS VCT : REVIEW RUMAH BELAJAR


Tugas Review Rumah Belajar Kemdikbud 



Assalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh.

Perkenalkan saya Budi Muhammadi, M.Pd. Saya sehari-hari bekerja sebagai guru matematika di SMP Negeri 7 Kota Pekalongan. Pada saat ini saya juga sedang menjadi peserta VCT Batch V Kota Pekalongan tahun 2019.  Kali ini saya akan melakukan tugas mereview Rumah Belajar sebagai syarat untuk mendapatkan sertifikat pelatihan. 



Saya akan mereview pada 2 fitur Rumah Belajar yaitu Sumber Belajar dan Bank Soal.
Pada Sumber Belajar saya memilih mata pelajaran matematika SMP kelas 9 dengan Pokok Bahasan Grafik Fungsi Kuadrat.  Materi ini ditulis oleh Siti Mutmainah dkk. Sistematika penyajian materi ini berturut-turut adalah pendahuluan, indikator, materi, latihan soal, simulasi, tes pilihan ganda, daftar pustaka dan yang terakhir adalah tim penyusun materi ini.
Review saya terhadap Sumber Belajar ini adalah sebagai berikut : Untuk pendahuluan sudah bagus, karena diawali dengan foto Golden Gate San Fransisco dan diberi sedikit materi pengantar. Demikian pula untuk indikator sudah jelas dan operasional. Jadi tidak perlu diperbaiki. Sedangkan pada bagian  materi, penyajiannya sudah bagus dan interaktif. Namun demikian mestinya materi disajikan dari yang sederhana sampai dengan yang paling kompleks, dimulai dari grafik fungsi kuadrat sederhana f(x) = x kuadrat kemudian meningkat pada fungsi yang lebih kompleks. Untuk bagian latihan soal, simulasi dan tes, menurut saya sudah baik. Hanya saja perlu sedikit tambahan petunjuk agar siswa lebih memahami maksud cara mengerjakannya. Jadi kesan umum review saya terhadap sumber belajar adalah sangat baik sekali dengan sedikit perbaikan.
Selanjutnya saya akan mereview pada Bank Soal. Kalau kita klik fitur bank soal, maka akan terdapat pilihan jenjang sekolah mulai SD, SMP, SMA, SMK sampai SLB. Kali ini saya memilih SMP kelas 9 dan disana terdapat beberapa mata pelajaran. Saya pilih matematika dan terdapat beberapa materi yang berkaitan dengan matematika. Saya memilih materi tentang bilangan berpangkat dan bentuk akar kelas 9 yang dibuat oleh Puji Rini. Penyajian bank soal terbagi atas dua kolom. Kolom kiri adalah soalnya, kolom kanan adalah nomor soal. Siswa dapat mengerjakan secara acak sesuai kehendaknya. Misalnya dia mau mengerjakan soal nomor 2, maka jika diklik pada nomor 2, di sebelah kiri akan muncul soal nomor 2. Siswa tinggal ngeklik jawaban yang dirasa paling tepat. Setelah diklik, maka bulatan pada soal nomor 2 akan berwarna hijau.Soal yang belum dikerjakan bulatan no soalnya masih berwarna putihReview saya terhadap bank soal ini adalah kurang baik. Hal ini disebabkan masih banyak terdapat soal dengan tulisan atau istilah yang berasal dari bahasa komputer. Contohnya 6 akar 3 masih ditulis dengan tulisan 6 Sqrt 3. Bagi siswa SMP hal ini tentu membingungkan. Oleh sebab itu saran saya, sebelum dilaunching, ada baiknya dicek terlebih dahulu tampilannya, dan jika sudah oke, bisa dilanjut launching.
Demikian review saya terhadap 2 fitur Rumah Belajar. Kurang lebihnya saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.
Wassalamualaikum warahmatullah wabarakatuh 

Link terkait :