Senin, Desember 28, 2015

KEGIATAN STUDI BANDING KE GORONTALO


Salah satu pengalaman berkesan di penghujung tahun 2015 adalah kegiatan kemitraan/Studi Banding Kepala Sekolah tingkat nasional. Sebanyak 750 KS (SD, SMP, SMA dan SMK) dari daerah yang sudah maju dipertukarkan dengan 750 KS dari sekolah daerah 3T (terluar, terdepan, dan tertinggal). Kegiatan ini diawali dengan dipertemukannya kami secara berpasangan di Jakarta pada awal Desember 2015 untuk membahas  program yang akan dikerjakan bersama. Tentu setiap pasangan sekolah akan mempunyai fokus program yang berbeda dengan pasangan sekolah lain, sesuai kebutuhan.


Pada kesempatan ini saya bertukar tempat dengan Pak Endro Juono, S.Pd, Kepala SMP Negeri 11 Satap Wanasari, Kab. Boalemo, Prov.Gorontalo. Selama 10 hari, mulai 12 - 21 Desember 2015, Pak Endro Juono, ke SMP 2 Pekalongan untuk mempelajari ekosistem di SMP 2, sedangkan saya mendampingi guru-guru di SMP 11 Satap Wanasari dalam hal peningkatan mutu . Hasil dari kegiatan ini diharapkan dapat memotivasi dan membantu peningkatan mutu sekolah di daerah 3T.

Bagi saya ini adalah kegiatan yang sangat berharga sekali. Karena manfaat dari kegiatan ini adalah saya dapat mengetahui dengan mata kepala sendiri perkembangan pendidikan di daerah 3T. Cerita tentang kegiatan selama studi banding di SMPN 11 Satap Wanasari akan saya sampaikan tahun depan karena ceritanya sangat  panjang.

Berikut ini adalah foto-foto kegiatan tersebut.

Di Bandara Sukarno Hatta Jakarta, Sabtu 12 Des 2015, sesaat sebelum tak off

Mendarat pk. 13.00 WITA. Alhamdulillah perjalanan yang selamat

Usai upacara di hari pertama, sambutan yang hangat.

Pertemuan dengan siswa dan guru di hari pertama

Koordinasi dengan Bpk Ibu Guru, membahas program sekolah

Laporan kepada Kadinas kecamatan Wanasari dan Pengawas

Berpose bersama Pak Riton Abdillah, Kadinas Kecamatan

Diskusi bersama Pengurus OSIS

Hari terakhir, anak-anak minta foto bersama

Bersama guru SMPN 11 Satap Wanasari

Acara Perpisahan ...... dapat tanda mata tapi sedih..

Sayonara Gorontalo....semoga kita ketemu di lain waktu..