Sabtu, Februari 08, 2014

MONITORING KEGIATAN EKSTRA

Dua minggu kemudian, saya baru dapat memonitor kegiatan ekstra.

Jum'at, 7 Pebruari 2014, merupakan hari ekstra PKS dan Panahan. Sore itu saya menyempatkan diri untuk melihat bagaimana anak-anak mengasah minat dan bakatnya melalui kegiatan ekstra ini. Karena cuaca sedikit mendung, tak banyak anak yang berlatih. PKS merupakan ekstra yang biasanya dilatih oleh Kepolisian. Mereka nantinya akan membantu kelancaran lalu lintas di depan sekolah.



Panahan merupakan ektra yang menjadi andalan SMP2 dalam meraih medali di POPDA Kota. Untuk itu Pak Sujaka  melatih anak-anak dengan penuh ketekunan. Tapi kebanyakan peminatnya adalah anak puteri. Menurut beliau beberapa anak sudah pernah meraih medali di tingkat Provinsi. Oleh sebab itu beliau mengharap Panahan tetap dilestarikan di SMP2 Pekalongan. Dukungan dari orangtua siswa terhadap olahraga ini sangat baik hal ini dibuktikan oleh kesediaan orangtua membeli peralatan sendiri. Padahal cukup mahal juga.



Sabtu, 8 Pebruari 2014, merupakan hari ekstra Pencak Silat. Bertempat di ruang yang belum jadi, anak-anak berlatih silat untuk persiapan POPDA. Mas Tresno dari Inseba didatangkan untuk melatih anak-anak dengan teknik sabung/berlaga yang baik. Anak-anak kelihatan sangat senang dengan pelatihan yang diberikan Mas Tresno. Sekedar info, Mas Tresno merupakan mantan atlet PON Kota Pekalongan pada tahun 90an. Meski usianya sudah 40an, tapi Mas Tresno masih kelihatan lincah dan gesit dalam melatih. Kepuasan beliau adalah ketika dia berhasil mencetak atlit silat dari tangannya....